Pertandingan FIFA Beach Soccer World Cup 2013 akan membuat Tahua To’ata Stadium, Papeete terus memanas. Tidak hanya karena pulau ini akan menjadi tuan rumah seluruh pertandingan turnamen ini, namun juga karena penduduk Tahiti sendiri dapat menyaksikan pemainnya berkompetisi dalam turnamen ini. Pada 19 September mendatang, tim Tahiti akan berhadapan dengan United Arab Emirate untuk memperebutkan posisi menuju babak selanjutnya.

Uni Emirate Arab merupakan tim sepakbola pantai yang kuat, berhasil menjuarai AFC Beach Soccer Championship sebanyak dua kali. Kemenangan tersebut kemudian memberikan mereka tiket untuk berpartisipasi dalam FIFA Beach Soccer World Cup tahun 2007 dan 2009. Namun sayangnya mereka tidak mampu tampil spektakuler dalam turnamen dunia. Mereka tidak pernah berhasil lolos babak grup dalam Piala Dunia, dengan hanya menduduki peringkat ke-3 atau ke-4 dalam grupnya. Perjalanan mereka dalam babak kualifikasi tahun ini juga tidak mudah. Tim asuhan Marcelo Mendes harus menelan kekalahan atas Iran dalam babak semifinal dengan skor 2-3 sebelum berhasil bangkit dan menang atas Australia 3-2 dalam babak playoff untuk memperebutkan posisi ketiga.

Dari semua peserta ajang dunia FIFA ini, tuan rumah Tahiti memang menjadi tim dengan tekanan terbesar yang harus diatasi. Mereka memang tidak perlu memenangkan segalanya, namun tentunya akan sangat mengecewakan bila mereka harus kalah terlalu awal dalam kompetisi ini. Turnamen pada 2011 lalu merupakan penampilan tim asuhan Teva Zaveroni yang terbaik sejauh ini, menduduki peringkat ke-3 dalam babak grup. Meskipun mereka gagal untuk berlanjut ke babak selanjutnya, namun setidaknya mereka tampil mengesankan dalam babak kualifikasi tersebut. Tahiti menumbangkan Fiji dengan skor agregat 6-5, dan kemudian dalam babak final, mereka berhasil menumbangkan tim favorit regional, Solomon Islands dengan skor agregat ketat yang mengejutkan, 4-3.

United Arab Emirate dinilai memiliki pengalaman yang lebih banyak daripada tim tuan rumah, Tahiti. Namun Tahiti telah melakukan persiapan matang untuk mengalahkan setiap lawan yang menghalangi jalan mereka. Dengan kata lain, pertandingan mendatang akan berlangsung ketat dan diprediksikan akan berakhir seri.

Prediksi : 3-3