Barcelona FC semakin mempertegas predikat sebagai juara bertahan La Liga, setelah berhasil mengalahkan Real Sociedad dengan skor 4-1 pada 25 September lalu.

NeymarLionel MessiSergi Busquets dan Marc Bartra mengukirkan nama mereka di papan skor bagi Los Azulgrana. Sedangkan gol tim tamu dicetak oleh Alberto de la Bella di babak kedua.

Laga belum memasuki 10 menit, tuan rumah sudah unggul dua gol lewat aksi Neymar dan Messi. Untuk gol kedua, punggawa Timnas Brasil itu memberikan assist bagi seniornya Barcelona. Unggul dua gol tak membuat serangan Barca kendor, mereka terus menekan Sociedad yang menampilkan kinerja bertahan yang buruk. Namun, hingga menit ke 15, kedudukan tidak berubah. 2-0.

Ya, sejauh ini pasukan Gerardo Martino bermain efektif. Strategi serangan balik cepat dengan sedikit ‘bumbu’ tiki-taka menjadi andalan mereka di musim 2013-14. Dan pada menit ke 23, mereka kembali mencetak gol. Kali ini lewat kaki Busquets yang menendang bola dari luar kotak penalti lawan dan meluncur deras ke pojok kanan gawang Sociedad. 3-0.

Beda kelas. Ya, asumsi yang pas bagi pertandingan dini hari ini. Kinerja lini belakang Sociedad yang buruk tak menghidupkan strategi counter attack yang diinstruksikan pelatih Jagoba Arrasate. Skor 3-0 menghiasi laju babak pertama.

Barcelona memulai babak kedua dengan keunggulan penguasaan bola sebanyak 72 persen berbanding 28 persen di babak pertama. Tentunya mereka enggan berhenti menekan Sociedad dan berniat menambah pundi-pundi gol. Namun, baik Messi, Neymar dan Alexis Sanchez; yang merupakan tumpuan di lini depan Barca, gagal memaksimalkan empat peluang penting yang tercipta. Hingga menit ke 60, skor tetap 3-0.

Tiga menit berselang, tim tamu justru mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 melalui kaki Alberto de la Bella, yang bebas tak terkawal dari bek BarcelonaImanol Agirretxe pantas mendapatkan kredit atas terciptanya gol tersebut. Setelah gol dari De la Bella, laju pertandingan menjadi seimbang, meskipun tim tamu tertinggal dua gol. Pasalnya hingga menit ke 75, kedua tim mampu ‘jual-beli’ serangan. Tetapi keduanya belum mampu mengubah kedudukan sementara. Sayangnya, dua menit setelah itu, Barca kembali mampu mengoyak jala Sociedad, kini giliran pemain muda Marc Bartra yang dengan mudahnya meneruskan umpan silang Messi yang melakukan penetrasi ke gawang Sociedad.

Los Azulgrana menarik keluar Messi di menit ke 81, setelah itu pasukan Tata Martino seperti mengendorkan serangan dan beberapa peluang yang tercipta dari kaki Pedro, Sanchez dan Sergi Roberto tak membuahkan hasil. Dan skor 4-1 menghiasi laga Barcelona dan Real Sociedad pada dini hari itu. Dengan demikian, Messi dkk terus menjaga rekor 100 persen kemenangan di La Liga dan tetap menduduki puncak klasemen dengan 18 poin.