18

Islandia
Dari delapan runner-up terbaik di babak penyisihan grup, Islandia meraih peringkat keenam. Tim ini mengumpulkan 14 poin dari putaran sebelumnya, dengan catatan 5 kli menang, 2 kali seri, dan 3 kali kalah. Mereka kumpulkan tujuh poin, tapi beruntung maju ke babak berikutnya dan aman di babak play- off. Walhasil, mereka berpotensi masuk ke putaran final tahun depan.
Pada babak penyisihan grup, Islandia terampil bermanuver dan menyerang, dibuktikan oleh raihan 17 gol yang dicetak di 10 pertandingan. Namun faktanya, tim ini kurang spektakuler dalam melindungi pertahanan mereka. Pemain Lars Lagerbäck kebobolan gol lebih banyak disbanding tim lain dalam grup. Sævarsson, Sigurdsson, Skúlason, dan rekan-rekan lainnya yang menjaga pertahanan Islandia harus lebih disiplin di lapangan jika mereka tidak ingin lawan mereka menang mudah.

Kroasia
Bertujuan mendapatkan tiket ke final Piala Dunia 2014, Kroasia harus berjuang keras di babak penyisihan grup. Usaha mereka terbayar tetapi tidak cukup untuk mencapai target utama. Belgia menjadi tim terbaik grup, dan dengan demikian secara otomatis tim tersebut maju ke kompetisi di Brasil. Kroasia finis sebagai runner up dan setelah menduduki peringkat terbaik kedua, mereka memperoleh kesempatan kedua melalui babak play-off.
Mekanisme menyerang Kroasia bukan salah satu yang terkuat di grup mereka selama babak penyisihan, namun pada kenyataannya tim yang berada di tempat ketiga mencetak gol lebih banyak dari yang mereka bisa cetak. Namun, mereka sangat terampil di pertahanan. Tim ini menjadi tim terbaik kedua yang tidak kebobolan, berada di posisi satu tingkat di bawah Belgia. Jika mereka bisa mempertahankan (atau bahkan meningkatkan) performa mereka di grup ini dan lebih kreatif di lapangan, Kroasia bisa juga lolos ke final.

Prediksi Piala Dunia: Pada leg pertama laga putaran kedua UEFA, Islandia dan Kroasia akan menguji keterampilan masing-masing. Islandia sangat mahir menyelesaikan peluang mencetak gol, sementara Kroasia pandai melindungi daerah pertahanan sendiri. Ketika kekuatan mereka di kedua area tersebut diukur dan dibandingkan, akan terlihat bahwa Islandia memiliki kesempatan lebih besar untuk menang.