4

Tempat mereka di putaran final FIFA PIALA Dunia 2014 hampir dikantogi. Setelah mengalahkan Mesir 6-1 di leg pertama, Ghana seolah menjadikan laga mereka berikutnya sebuah laga formalitas. Keberhasilan besar tersebut mengokohkan kekuatan Ghana di kancah sepak bola dunia. Dan, sangat beralasan jika mereka disebut salah satu tim terbaik di planet ini. Mesir sial menghadapi skuad kuat seperti si Bintang Hitam, yang mengkompromikan kesempatan mereka ke putara final Piala Dunia.

Bagaimana Laga Akan Berlangsung
Dari awal hingga akhir, Ghana sudah mengalahkan Mesir. Asamoah Gyan membuka skor, dilengkapi dengan sepakan mempesona dari Abdul Waris. Di menit ke-22, Michael Essien menggandakan keunggulan, tetapi ia tidak mencetak gol melalui kakinya sendiri. Dia bermanufer dalam beberapa arah sebelum memasuki kotak 10 yard dan memaksa pemain Mesir Wael Gomaa melakukan tendangan bunuh diri.

Sebuah penalti yang dikonversi Mohamed Aboutriaka di menit ke-45 membuat Mesir sedikit bernafas lega di tengah laga yang sengit. Namun, mereka tidak cukup kuat untuk tidak kebobolan satu gol lagi. Waris mencetak satu angka lagi tepat sebelum peluit istirahat berbunyi dan menghempaskan harapan Mesir untuk menyeimbangkan skor. Gyan mencetak gol keempat bagi Ghana kurang dari 10 menit babak kedua dan Sulley Muntari menambahkan skor saat dia mendapat hadiah penalti. Christian Atsu membulatkan keunggulan mereka menjadi 6-1.

Prediksi Piala Dunia:
Terlepas dari hasil cantik mereka yang dibangun di babak penyisihan grup, Mesir berada di tepian balapan menuju putaran final Piala Dunia. Formasi tim kualifikasi Afrika terbilang berat, dan The Pharaohs menghadapi yang lebih berat algojo Ghanaian. Seperti pada laga leg pertama di babak play-off, laga mendatang mungkin akan menjadi milik si Bintang Hitam. Faktanya, leg pertama sudah menjadi pembuktian tim ini layak berangkat ke Brazil.